BPPKP Kab Magelang

Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan Kab. Magelang, email: bppkpmagelang@gmail.com

Durian Candy Bisa Miliki 1.300 Buah per Pohon

MAGELANG--MICOM:Pohon durian lokal di Dusun Mantenan, Desa Giyanti, Kecamatan Candimulyo, Magelang, Jawa Tengah selama satu musim bisa berbuah hingga 1.300 buah per pohon.

Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan (BPPKP), Kabupaten Magelang Agus Liem di Magelang, Sabtu, mengatakan, durian unggulan lokal tersebut merupakan indukan dan umur tanaman sudah tua.

"Salah satu indukan unggulan lokal yakni Joyo Candy. Joyo diambil dari nama pemiliknya dan Candy dari daerah asal Candimulyo," katanya.

Pohon Durian Joyo Candy saat baru berbunga, pedagang pengumpul sudah berani membeli calon buah tersebut dengan harga Rp12,5 juta pada musim ini.  Sebelum buah menjadi besar, sudah dipesan oleh para pelanggan berasal dari berbagai daerah.

Ia mengatakan, durian indukan itu memiliki keunggulan dibandingkan dengan durian daerah lain yakni buah besar, daging tebal, rasanya manis, teksturnya lembut, dan kulitnya tipis sehingga mudah dibelah.

Menurut dia, ada beberapa pohon durian di lereng Gunung Merbabu setempat yang menjadi indukan.  Saat ini, katanya, baru dilakukan pendataan jumlah keseluruhan pohon indukan di daerah itu.       

Ia mengatakan, Candimulyo merupakan sentra durian. Berdasarkan hasil penelitian dan seleksi alam ternyata durian candy layak menjadi unggulan. Ia mengaku akan berupaya mengembangkan durian jenis itu dengan sistem mata tempel sehingga akan menghasilkan buah seperti induknya.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar