BPPKP Kab Magelang

Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan Kab. Magelang, email: bppkpmagelang@gmail.com

Laporan Ka BPPKP pada Festival Durian 2013


LAPORAN KEGIATAN SL AGRIBISNIS DURIAN, FESTIVAL DURIAN DAN 
BUAH-BUAHAN EKSOTIS
Tahun 2013

Assalamu’alaikum wr.wb.
Selamat siang dan salam sejahtera untuk kita semua
Yang terhormat ;
1-     Bapak Wakil Bupati Magelang;
2-     Ka. BKP Provinsi Jateng atau yang mewakili;
3-     Ka. Set. Bakorluh Prov. Jateng atau yang mewakili;
4-     Ka. Dinas Pertanian Prov. Jateng atau yang mewakili;
5-     Ka. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Prov. Jateng atau yang mewaikili;
6-     Ka. Dinas/ Badan/ Bagian/ UPT Pemda Kabupaten Magelang;
7-     Sdr. Muspika Kecamatan Candimulyo;
8-     Sdr. Camat se Kabupaten Magelang;
9-     Direktur Bank Pemerintah dan Swasta se Kabupaten Magelang;
1-. Sdr. Koord. BPPK se Kabupaten Magelang;
1-. Sdr. Kades se Kecamatan Candimulyo;
1-. Seluruh Tamu Undangan yang berbahagia.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberi rahmat, anugrah dan HidayahNya sehingga kita dapat diketemukan kembali di Festival Durian dan buah-buah eksotis di Kecamatan Candimulyo. Festival Durian ini merupakan festival yang kedua setelah yang pertama pada bulan Januari tahun 2012 diadakan kegiatan serupa yang diprakarsai oleh KTNA Kecamatan Candimulyo.
Hadirin yang saya hormati,
Festival durian dan buah eksotis ini, berawal dari adanya panen raya buah durian di Kecamatan Candimulyo dan panen buah – buahan lainnya di wilayah Kabupaten Magelang serta Kecamatan Candimulyo merupakan salah satu penghasil terbesar komoditas durian yang banyak diusahakan petani dan merupakan komoditas unggulan Kecamatan Candimulyo. Populasi tanaman durian di Kecamatan Candimulyo lebih dari 10.000 batang dengan berbagai jenis/varitas lokal yang satu sama lain mempunyai kelebihan dan kekurangan masing  masing. Angka produktivitas buah durian berkisar antara 75 – 100 butir/pohon. Pemasaran durian mudah, disamping untuk memenuhi permintaan kota-kota besar, juga banyak dijajakan dipinggir jalan disepanjang jalan Candimulyo – Blabak, Candimulyo – Tegalrejo dan Candimulyo - Petung Kec.Pakis. Fenomena Candimulyo sebagai penghasil durian cukup dikenal masayarakat, terbukti banyak penikmat durian dari berbagai kota berburu durian di Candimulyo, terutama pada saat musim liburan.
Tujuan dari Kegiatan Festival Durian dan buah eksotis pada tahun 2013 ini adalah :
1.     Memberikan peluang pasar  seluas luasnya tentang buah durian lokal dan buah eksotis di Kabupaten Magelang.
2.     Terpromosikannya produk pertanian terutama buah-buahan, terbukanya jaringan kemitraan dan pemasaran hasil
3.     Mengidentifikasi  berbagai jenis durian unggul  lokal yang ada di wilayah Kecamatan Candimulyo pada khususnya dan Kabupaten Magelang pada umumnya
4.     Tercatatnya asal usul  pohon induk durian unggul lokal yang potensial untuk dikembangkan.
5.     Terbentuknya kelompok usaha bersama/asosiasi petani durian
Hadirin yang kami hormati,
          Dasar dari kegiatan pelaksanaan Festival Durian ini adalah Dokumen Pelaksanaan Anggaran BPPKP Kabupaten Magelang Nomor 40/53/DPA/2012 tanggal 29 Desember 2012. Perlu kami sampaikan kepada Bapak Bupati bahwa selain kegiatan Festival durian ini BPPKP juga mengadakan kegiatan Sekolah Lapang Agribisnis Durian, yang mana pada tahun 2013 ini merupakan tahun yang ke dua dengan anggaran pada tahun 2012 sebesar 150 juta rupiah dan tahun 2013 sebesar 160 juta rupiah. Harapan besar diadakannya Sekolah Lapang Agribisnis Durian ini adalah terbentuknya sentra komoditas unggulan Buah Durian dan buah eksotis lainnya yang sangat khas dihasilkan di Kecamatan Candimulyo, harapan kedua nantinya bisa meningkatkan nilai tukar petani dan meningkatkan pendapatan petani durian di Kecamatan Candimulyo, harapan ketiga adalah terbangunnya kebun buah durian Candimulyo yang merupakan arena petik sendiri dan agrowisata yang dapat menunjang pendapatan per kapita bagi Kecamatan Candimulyo ini.
Dampak dengan adanya Sekolah Lapang Agribisnis Durian bagi petani secara umum adalah bertambahnya ilmu tentang pembuatan bibit durian unggul lokal dengan cara sambung pucuk, bertambahnya ilmu dan pengalaman dalam berbudidaya durian unggul, Para petani dan pemerhati durian di Candimulyo semakin bersemangat untuk memelihara dan merawat durian unggul lokal yang dapat dikonteskan diajang festival setiap tahunnya, memacu meningkatkan nilai tambah petani dengan pengelolaan buah duriandan buah eksotik lainnya (seperti manggis, duku, kokosan, kelengkeng dll).
Hadirin yang berbahagia,
Festival Durian dan buah eksotik tahun 2013 ini diikuti oleh 38 peserta dari seluruh Gapoktan yang ada di ec. Candimulyo dan 32 (tiga puluh dua) stand pameran buah durian dan buah eksotik lainnya. Dari 38 peserta kontes durian lokal yang terbaik diambil 6 peserta yang mendapatkan juara, dengan juara I memperoleh uang pembinaan Rp. 1 juta rupiah, juara 2 mendapat 750 ribu rupiah, juara 3 mendapat 500 ribu rupiah, juara harapan 1 mendapat uang pembinaan sebesar 400 ribu rupiah, harapan 2 sebesar 300 ribu rupiah dan harapan 3 sebesar 200 ribu rupiah, yang merupakan anggaran pembinaan APBD Kabupaten Magelang tahun 2013. Sedangkan pameran stand juga dilombakan dengan juara umum memperoleh uang pembinaan 500 ribu rupiah, juara stand terlaris sebesar 300 ribu rupiah merupakan prakarsa dari sponsor dan pemerhati durian. 
Kepada bapak Bupati dmohon nantinya memberikan tali asih uang pembinaan kepada para peserta yang memperoleh juara.
Hadirin yang terhormat,
          Dari kegiatan SL Agribisnis durian dan Festival durian dan buah eksotik ini, yang perlu ditindak lanjuti adalah:
1.     Mengagendakan Festival Durian dan buah eksotik setiap tahun;
2.     Membuat kebun buah petik sendiri dan agrowisata durian lokal unggul Kecamatan Candimulyo;
3.     Perbanyakan bibit durian lokal;
4.     Kerjasama dan kemitraan usaha buah durian dan hasil olahannya di Kecamatan Candimulyo.
  
Hadirin yang terhormat,
Sebagai penutup laporan kegiatan SL Agribisnis durian dan Festival durian dan buah-buah eksotik, dimohon kepada Bapak Bupati untuk membuka sekaligus memberikan sambutan pengarahan Festival Durian dan buah-buah eksotik.
Akhir kata bila ada kata-kata yang kurang berkenan kami mohon maaf yang sedalam-dalamnya.
Bila hitaufik wal hidayah
Wassalamu’alaikum wr.wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar